Welcome

Selamat Datang,
Ahlan wa Sahlan di situs Bidang Perempuan PIP PKS (Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera) Arab Saudi .
Terima Kasih telah berkunjung.

Kategori

Wanita Keadilan Riyadh Rintis Kerjasama dengan KBRI



Riyadh - 7 Februari 2010
Komunitas kader wanita PKS di Riyadh yang tergabung dalam Wanita Keadilan telah merintis kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) melalui program pendampingan tenaga kerja wanita (TKW) di rumah penampungan sementara milik KBRI Riyadh. Program rutin yang telah berlangsung tiga kali tersebut di antaranya berbentuk pelatihan keterampilan, pemeriksaan kesehatan dan pembagian buletin. Ketua Wanita Keadilan (WK PKS) Riyadh Ibu Rusmawati menuturkan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian yang diberikan terhadap sesama warga sebangsa dan setanah air khususnya para TKW yang ada di riyadh. Ibarat menyalakan sebatang lilin di tengah-tengah gelapnya nasib saudara yang terpaksa mengadu nasib di negeri orang, demikian gambaran aksi-aksi kepedulian yang digelar di "Transit House Riyadh", sebutan untuk gedung penampungan sementara milik KBRI yang digunakan para TKW di Riyadh sebelum dipulangkan ke tanah air. Ia juga berterima kasih atas dukungan pihak KBRI khususnya Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) yang menyambut baik usulan kegiatan yang dilontarkan pihaknya dalam pertemuan di KBRI Riyadh beberapa waktu lalu.

Untuk pemeriksaan kesehatan program ini melibatkan tiga dokter, yaitu dr. Lutfia, dr. Mardiati dan dr. Nila. Sejauh ini kegiatan layanan kesehatan telah memberikan pelayanan dan mengidentifikasi sebanyak 157 orang TKW yang kesehatannya sedang bermasalah. Dari jumlah tersebut yang telah ditangani dan diperiksa sebanyak 50 orang. Keluhan yang disampaikan secara umum adalah penyakit flu dan batuk. Ada juga yang menderita maag, rematik bahkan patah tulang akibat perlakuan yang dilakukan oleh majikan tempat mereka bekerja. Bagi mereka yang masih memerlukan penanganan lebih lanjut, dokter yang memeriksa memberikan surat rekomendasi yang nantinya diserahkan kepada petugas KBRI untuk menangani mereka dan dibawa ke rumah sakit.

Sebelum pemeriksaan kesehatan dilakukan, acara diisi dengan pembacaan tilawah Al-Qur'an oleh Ibu Ninda dilanjutkan sambutan sekaligus siraman rohani oleh Ibu Rusmawati selaku ketua WK PKS Riyadh. Ikut hadir istri beberapa pejabat dari Atase Ketenagakerjaan KBRI Riyadh. Sebagai acara selingan bagi mereka yang belum diperiksa kesehatannya, diadakan pemutaran VCD, pembagian Bulletin ANNISA terbitan WK PKS, pembagian pembatas buku, dan tak lupa door prize kepada seluruh TKW yang ada di Transit Hause. Acara selesai jam satu siang, diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada para dokter yang telah menyumbangkan jasanya.

comment 0 comments:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© 2010 Perempuan Keadilan Arab Saudi is proudly powered by Blogger