Welcome

Selamat Datang,
Ahlan wa Sahlan di situs Bidang Perempuan PIP PKS (Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera) Arab Saudi .
Terima Kasih telah berkunjung.

Kategori

IDE-IDE KREATIF UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN KELUARGA



    IDE-IDE KREATIF UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN KELUARGA
    Oleh: Ima Rahma Mardiah

    Kita punya beraneka ragam alasan kenapa kita harus bahkan mau tidak mau menambah penghasilan kita, mulai dari harga-harga barang pokok yang cenderung naik terus dan emoh mau turun lagi, kebutuhan hidup yang semakin bertambah dengan bertambahnya usia anak kita, kebutuhan untuk biaya sekolah mereka, les privatnya sampai biaya kuliahnya, tambah besar uang jajannya juga minta dinaikkan, atau adanya tambahan anggota keluarga baru karena kelahiran si adik bayi, lalu ketika menengok ke kanan-kiri masih banyaaak..saudara-saudara, tetangga kita yang perlu bantuan finansial  dari kita. Belum lagi keinginan memiliki rumah sendiri karena sudah bosan menjadi kontraktor dan masih banyak kebutuhan hidup yang setiap hari semakin bertambah. Intinya kalau kita bisa hidup lebih baik dan lebih layak dan bisa membantu meringankan 'kesusahan' ekonomi orang lain, why not?!

    Sebagai seorang ibu rumah tangga, kita bisa memberikan kontribusi yang besar untuk terwujudnya kemakmuran keluarga. Menjadi pengelola keuangan yang profesional sekaligus menjadi pengusaha adalah dua profesi yang bisa dijalankan beriringan. Dengan memanfaatkan waktu luang, tenaga dan modal yang terbatas, kita bisa memulai usaha sampingan melalui hobi yang kita miliki. Berikut beberapa ide usaha yang bisa dilakukan di rumah, yuuks kita tengok satu-satu..

    Bisnis pernak pernik aksesoris. Jika kita hobi membuat atau mengoleksi aksesoris maka kita bisa berbisnis memulainya dari sana. Kelebihan bisnis ini karena hampir setiap wanita dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa menyukai berbagai jenis aksesoris mulai dari gelang, anting, kalung, pita, bros, bando dan lain sebagainya. Bahan yang diperlukanpun bisa mudah didapatkan, antara lain kain perca, kain flannel, akrilik, manik-manik, batu-batu warna warni, mutiara dll. Bahan-bahan tersebut mudah didapat di toko-toko souvenir atau toko-toko kerajinan tangan. Untuk pemasaran kita bisa memasarkannya di toko-toko, kantin atau koperasi sekolah dan bazar. Untuk memperluas jangkauan bisa melalui media online, dikirimkan langsung ke alamat pemesan dengan bantuan GPS.

    Bisnis laundry. Bagi sebagian orang mencuci dan menyetrika merupakan pekerjaan yang 'nggak banget deh'. Apalagi musim panas dan sibuk dengan pekerjaan lainya, enaknya mau langsung pakai saja. Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis hanya dengan bermodalkan 1 buah mesin cuci, pengering dan bahan-bahan pencuci yang ampuh membersihkan noda, memutihkan pakaian, dll. Asalkan sebelumnya sudah mencari-cari ilmu mencuci yang baik dan benar maka bisnis ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Kalau di Indonesia, usaha ini bagus dibuka di lingkungan kost-kostan, dekat dengan sekolah atau kampus, perumahan pegawai pabrik, perumahan ibu-ibu yang sibuk berkarir di rumah.

    Bisnis menjahit pakaian. Bisnis ini memerlukan keahlian. Bagi yang gemar menjahit, tentu dengan mudah melakukan bisnis ini asal ada waktu dan kemauan saja. Untuk menjaring pelanggan bisa lewat mulut ke mulut, brosur atau pamflet yang disebarkan, bisa juga melalui jaringan BBM maupun WA. Bagi yang tidak memiliki keahlian menjahit, cukup merekrut karyawan dan menggajinya sesuai dengan jumlah pakaian yang diselesaikan.

    Bisnis katering. Ini merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Karena setiap orang perlu makan setiap hari minimal 2 kali. Jika kita memiliki hobi memasak, pandai meracik bumbu yang pas, memadupadankan menu dan menyiapkan berbagai macam pilihan menu yang menarik, sehat, lezat dan mengenyangkan maka bisnis katering ini cocok kita jalani. Kita bisa memulai dengan skala kecil-kecilan sampai skala besar untuk acara-acara dalam jumlah besar. Hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus memahami betul takaran bumbu dan resep yang pas jika membuat makanan dalam skala besar, mencari berbagai alternatif cara agar makanan awet dan tidak mudah basi, serta waktu pengiriman makanan yang tepat jangan sampai lewat dari jam makan yang telah ditentukan.

    Bisnis bimbingan belajar dan les privat. Ini bisa menjadi lahan bisnis juga sekaligus ladang berbagi ilmu. Bagi yang memiliki basic pendidikan bisa menjadi guru privat Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, Fisika, dan lain sebagainya. Kadang kita memberikan privat secara cuma-cuma dan seikhlasnya, namun apabila ingin menjadikannya bagian dari menambah penghasilan keluarga, kita bisa kelola secara profesional. Sebaiknya kita memiliki nilai ukur keberhasilan dan jaminan bisa berhasil menguasai materi bagi siswa-siswa yang belajar di tempat kita, disini kita harus memiliki ciri khas, rumus-rumus khusus untuk pelajaran eksak, metode pengajaran dan gaya belajar jitu yang mudah, menyenangkan, tapi bisa diserap sempurna oleh siswa, dengan begitu bisa menjadi nilai tambah dibandingkan dengan lembaga-lembaga bimbingan belajar lainnya.

    Bisnis kue-kue dan snack makanan tradisional. Sebagaimana bisnis catering, bisnis inipun tidak sepi akan peminat. Untuk di lingkungan Riyadh dan sekitarnya, peluang bisnis ini besar dan saingannya masih sedikit. Rasa kangen akan masakan Indonesia, bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Diperlukan kreativitas dan kejelian pasar dalam mengelola bisnis ini agar bisa berjalan terus dan langgeng. Kemasan yang bagus disamping rasa juga yang maknyuss harus menjadi modal jualan yang utama.

    Bisnis berjualan busana muslimah. Bisnis ini bisa dilakukan dengan menjual barang yang sudah jadi seperti bawa barangnya dari Indonesia kemudian dijual kembali di Riyadh, atau mencari pasar pakaian yang harganya miring tapi kualitas bagus, bisa jualan abaya Arab, atau juga menjualkan kreasi teman yang bisa menjahit. Busana muslimah ini bisa busana anak-anak, remaja sampai wanita dewasa sangat banyak peminatnya.

    Broker online. Tugas kita dalam bisnis ini hanya menjadi perantara atau penghubung antara konsumen dan produsen. Kita mencari produsen (misal pakaian muslim), lalu ajak mereka bekerjasama dengan para penjual, dan silahkan cari pembelinya via online juga, bisa di media serupa atau di tempat lain misal situs sosial media atau forum jual beli. Prinsipnya kita melakukan sistem kulakan dengan harga rendah dan dijual dengan Anda naikan harganya (atau bisa juga prosentase dari nilai jual yang sudah ditetapkan). Untuk jenis usaha broker online ini memang diperlukan kreatifitas serta waktu Anda untuk online dalam sehari. Sisihkan waktu 2-4 jam untuk promosi dan juga mencari produk yang akan Anda jual.

    Bisnis kosmetik dan alat kecantikan wanita. Bisnis ini juga tidak ada matinya. Umumnya perempuan suka menjaga dan merawat kecantikan dan kesehatannya. Ini adalah pangsa pasar yang sangat-sangat luar biasa. Selain itu, jika produk yang dijual bagus dan berkualitas, maka repeat order akan terus terjadi, sehingga bisnis makin berkembang dan maju.

    Bisnis perlengkapan bayi dan mainan/buku-buku edukatif online. Setiap hari bisa berpuluh orang lahiran, artinya setiap hari ada saja yang melahirkan. Di jaman yang serba online dan praktis banyak orangtua yang malas bermacet-macet ria keluar untuk berbelanja, tinggal klik, searching, deal dengan penjual, bayar lewat internet banking, hanya tinggal menunggu barang datang. Sudah selesai. Bisnis ini memiliki prospek yang besar, begitupun dengan buku-buku dan mainan edukatif. Pangsa pasarnya besar yang umumnya kalangan menengah ke atas.
    Sebenarnya masih banyak ide-ide bisnis yang tersebar di sekitar kita. Inti dari semuanya adalah adanya niat, kemauan dan usaha yang optimal untuk menekuninya. Setiap bisnis tidak selalu memerlukan modal uang, tetapi asal ada waktu dan pengorbanan untuk menjalaninya, bisnis bisa kita jalankan.

    Mulailah bisnis dari hobi yang kita jalani, bertahap dan fokus.. in syaa Allah berhasil. Dengan kerja keras dan kerja cerdas maka perekonomian keluarga kita akan merangkak naik, penghasilan keluarga akan bertambah, dan in syaa Allah keluarga kita akan sejahtera.

    Buanglah malu, tidak percaya diri, segan, dan merasa diri tidak mampu, atau terlalu banyak alasan karena tidak mempunyai waktu luang. Selama kita berusaha in syaa Allah jalan itu akan selalu ada.

    Selamat berkarya.. dan menemukan jodoh bisnisnya masing-masing..!


comment 0 comments:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© 2010 Perempuan Keadilan Arab Saudi is proudly powered by Blogger