Welcome

Selamat Datang,
Ahlan wa Sahlan di situs Bidang Perempuan PIP PKS (Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera) Arab Saudi .
Terima Kasih telah berkunjung.

Kategori

MUSIM LIBURAN… MAU KEMANA??


MUSIM LIBURAN… MAU KEMANA??
Oleh : Ummu Aisyah
(Rubrik "Keluarga Sakinah" Buletin An-Nisa Edisi Juni 2013)



"Libur tlah tiba… libur tlah tiba.. hore… hore… horeee…"

Mungkin sebagian dari kita masih ingat dengan lagu tersebut. Itulah lirik lagu yang pernah dinyanyikan oleh Tasya Kamila dan cukup disukai. Lagu yang menggambarkan rasa senang karena sekolah mulai libur, sehingga rasa penat selama mengikuti kegiatan sekolah selesai sudah. Lalu apa yang harus dilakukan agar kegiatan libur sekolah menyenangkan dan menjadi memori indah yang selalu dikenang?

Sekarang ini di Indonesia banyak kegiatan yang ditawarkan oleh mereka yang kreatif untuk mengisi masa liburan. Ada kegiatan outbond dengan berbagai paket, camping bersama, liburan keluar daerah bahkan luar negeri dan lain-lain, tentu dengan biaya mahal. Bagi warga Indonesia  yang tinggal di Arab Saudi, 'Pulkam' (Pulang kampung) adalah salah satu pilihan favorit, tentu jika dana mencukupi. Karena akan bertemu dengan handai taulan di kampung halaman dan juga dapat rekreasi ke tempat wisata. Akan tetapi, jika tidak dapat berlibur di tanah air, apa yang dapat kita lakukan agar anggota keluarga senang, tidak bete alias bosan karena libur yang terlalu lama? Apalagi tinggal di Arab Saudi, tidak banyak tempat wisata sebagaimana di Indonesia. Karena itu dibutuhkan kreatifitas membuat kegiatan agar liburan anak-anak terasa nikmat dan bukan sebaliknya, membuat mereka bosan dan ingin cepat-cepat masuk sekolah lagi, padahal sekolah masih libur.
Hal-hal yang mungkin dapat dilakukan antara lain:
1. Buatlah agenda liburan yang melibatkan anak-anak, jangan hanya kita orang tua yang menentukan karena yang banyak memiliki waktu luang adalah mereka.
2. Sesuaikan kegiatan liburan dengan dana yang ada sehingga tidak membuat pusing kepala sebab dana yang tidak mencukupi.
3. Tentukan kegiatan apa saja yang akan dilakukan di luar dan di dalam rumah. Untuk pilihan tempat di luar rumah, Alhamdulilah walau terbatas, masih banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk keluarga; ada Haromain; Mekah dan Madinah sebagai tempat wisata rohani, ada pantai dan gurun sebagi tadabbur alam, ada taman kota atau malahi (taman bermain) yang dapat kita pilih untuk rihlah keluarga.
4. Untuk kegiatan di rumah bisa kita buat kegiatan masak bersama atau membuat keterampilan yang mereka senangi. Atau bekerja sama dengan keluarga teman lain untuk membuat kegiatan bersama yang melibatkan anak-anak sehingga kegiatan liburan tidak monoton yang akhirnya membuat mereka bosan di rumah dan hanya sibuk dengan menonton televisi atau main game dan internet saja.

Mulailah sejak sekarang mengagendakan liburan bagi keluarga yang menyenangkan dan bermanfaat, sehingga dapat menjalin hubungan yang mesra antar anggota keluarga dan tercipta suasana keluarga yang harmonis. Hal ini perlu dipersiapkan agar ketika libur telah datang, kita tidak bingung mau apa dan kemana saat liburan.

Selamat berlibur, moga hari-hari yang dilalui penuh arti dan menyenangkan !

Sumber Gambar : Situs sarjanaku.com

comment 0 comments:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© 2010 Perempuan Keadilan Arab Saudi is proudly powered by Blogger